Pentingnya Mengelola Emosi

Beberapa hari terakhir ini saya seperti diingatkan kembali untuk terus belajar mengelola emosi. Mengenai bagaimana cara kita menyikapi kondisi saat senang, juga bagaimana cara kita menyikapi keadaan yang tidak mengenakkan, utamanya ketika marah.

Terutama pada bagian menyikapi kondisi marah, saya mencatat bagian penting : ketika marah, duduk diamlah terlebih dahulu. Jangan pernah melampiaskan kemarahan dengan cara negatif, karena nanti kamu akan menyesalinya. Jika tidak sangat diperlukan, jangan pula mengambil keputusan secara terburu-buru, karena besar kemungkinan nanti kamu akan menyesalinya.

Ini menurut saya. Karena saya mengalaminya. Ada seseorang yang membuat saya marah. Dan kesalahan yang saya lakukan, saya melampiaskan kemarahan ke orang tersebut dengan spontan. Tentu bukan secara fisik, hanya melalui kata-kata.

Namun meskipun saya memang berhak marah, hasilnya saat ini saya menyesal. Penyesalan yang datang terlambat, meskipun tetap berguna.

Untuk apa? Ya, untuk pengingat agar kedepannya hal seperti ini tidak terulang kembali, agar saya semakin baik lagi dalam menyikapi kondisi seperti ini.