Menulis Kembali

Suatu malam beberapa hari yang lalu ketika melihat feed Instagram, saya melihat salah seorang saudara laki-laki jauh disana, Ibil, memposting sebuah gambar. Ibil mengabarkan bahwa ia akhirnya berkesempatan melakukan hal yang sudah lama ia ingin lakukan : mengurus website pribadi.

Sebagaimana Ibil yang saya kenal ketika ia menginginkan sesuatu, dalam postingannya Ibil menceritakan kalau ia melupakan rasa kantuk dan langsung membeli domain dan hosting. Padahal waktu masih subuh lho, dimana biasanya dia seringkali lebih suka memilih untuk melanjutkan tidur kembali atau bahkan baru terlelap, ha ha. Tapi mau bagaimana lagi, memang sudah sifat Ibil seperti itu kalau sedang menginginkan sesuatu (dan celakanya sifat yang sama juga ada pada diri saya sendiri).

Tentunya, selanjutnya Ibil juga melakukan penataan template dan berbagai hal lainnya. Hasilnya bisa kita saksikan di ibilswidodo.net. Banyak hal yang bisa kita baca, nikmati dan pelajari disana.

Melihat Ibil memiliki website pribadi membuat saya memiliki keinginan serupa: memiliki blog pribadi juga. Dan sebagaimana sifat Ibil, saat itu juga saya memesan domain, hosting serta melakukan beberapa pengaturan. Hasilnya blog ini lahir kembali.

Blog ini saya buat sederhana saja. Sangat simple dan clean. Berbeda jauh dengan website pribadi Ibil yang begitu ramai, berwarna dan semarak. Alasannya berbagai macam. Selain karena pada dasarnya saya memang kalah ilmu dalam dunia website, alasan utama yang membuat blog saya ini tampil begitu sederhana dibanding milik Ibil adalah dari sisi kepribadian saya sendiri.

Semakin kesini, entah mengapa saya semakin menyukai hal-hal yang sederhana. Saya kurang menyukai batasan-batasan dan lebih tidak suka lagi kalau dibatasi atau merasa dibatasi. Saya juga kurang menyukai hal yang berbelit, ruwet, heboh dan terlalu ramai. Prinsip ini saya terapkan pada beberapa aspek kehidupan pribadi, termasuk saya terapkan pula di blog ini. Sebuah blog yang sangat sederhana, tidak banyak garis yang saya tampilkan, serta warna didominasi oleh hitam dan putih.

Hm, sebenarnya ini bukan kali pertama saya memiliki blog pribadi. Sebelumnya saya pernah memilikinya di alamat domain burhanuddintryatmojo.com. Hanya saja karena kesibukan, kemalasan dan beberapa alasan lainnya akhirnya blog tersebut pada akhirnya mati tak terurus.

Untuk blog baru ini saya bertekat untuk tidak lagi menelantarkannya seperti yang lalu. Selain karena saya ketularan Ibil ingin memiliki blog pribadi kembali, saya juga memiliki tujuan-tujuan mengapa blog ini saya hadirkan kembali. Karenanya, saya berkomitmen untuk menulis setiap hari. Apapun itu.

Bisa jadi suatu waktu saya akan menulis mengenai apa yang saya lakukan, perhatikan atau saya temui di hari itu. Di waktu yang lain, bisa jadi saya menulis mengenai tanggapan atas kejadian yang ramai di sekitar. Di waktu yang lain, bisa jadi saya menulis puisi atau hal lainnya. Apapun itu. Apapun yang terlintas dan saya rasakan.

Harapan saya sederhana. Jika apapun yang nantinya tertulis disini tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain, saya sudah bersyukur. Tentu, saya akan sangat gembira jika apapun yang ada disini bisa memberikan manfaat baik bagi saya sendiri maupun yang lainnya. Amin.