Memang Harus Dipaksa

Kemarin saya membuat keputusan besar: per hari ini, saya membatasi semua jenis media sosial. Hampir semua media sosial saya hapus pemasangannya dari handphone. Hanya menyisakan Instagram karena memang masih dibutuhkan. Saya juga menghapus berbagai aplikasi pemainan, salah satunya Mobile Legends, yang begitu saya sukai.

Keputusan ini memang keputusan besar, karena media sosial dan Mobile Legends beberapa waktu ini seolah menjadi bagian tak terpisahkan daam aktifitas sehari-hari. Setidaknya, tiap kali pulang kerja, saya pasti akan bermain Mobile Legends dan media sosial.

Dan akar permasalahan muncul dari sana. Saya merasa, saya memasuki fase kecanduan. Rasanya ada yang kurang kalau tidak bermain Mobile Legends atau media sosial. Dan itulah yang ingin saya kontrol.

Sebenarnya, kalau bermain Mobile Legends dan media sosial bisa menghasilkan uang atau hal lain yang menguntungkan sih tidak masalah. Masalahnya, saat ini saya belum punya infrastruktur yang memungkinkan untuk membuat aktifitas saya bermain game menjadi uang. Hal yang sama terjadi dengan media sosial.

Yang terjadi, saya malah seringkali kebablasan dan tidak ingat waktu. Saya bisa bermain game hingga tengah malam, atau hal-hal seperti itu. Padahal dengan waktu yang saya pakai bermain game, saya bisa melakukan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Entah bermain dengan anak, membantu istri, belajar menulis, belajar bahasa Inggris atau pemrograman, dan hal-hal lain.

Pertanyaannya, sejauh mana saya membatasi diri?

Secara garis besar, saya mulai membatasi diri dari ranah handphone terlebih dahulu. Dengan uninstall Mobile Legends, saya tentu saat ini tidak lagi mampu memainkan game itu lagi. Bagaimana dengan media sosial? Untuk Instagram, masih bisa saya akses melalui handphone, dengan pembatasan waktu. Media sosial lain pun kalau mau masih bisa saya buka. Namun saya harus mau repot-repot membuka laptop terlebih dahulu.

Tujuan perubahan besar ini tentu saja agar saya bisa lebih memanfaatkan waktu dengan baik dan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Tidak bermain game saja, misalnya.

Dan ternyata, baru hari pertama, godaan yang muncul cukup menantang. Hasrat untuk install kembali Mobile Legends dan aplikasi media sosial datang bertubi-tubi. Yang bisa saya lakukan ya menahan diri, mengingatkan diri agar konsisten dengan keputusan yang dibuat. Dan menulis disini untuk sekedar mengurangi hasrat.

Well, terkait perubahan, sebenarnya saya pernah membaca bahwa perubahan terkadang tidak perlu dilakukan secara radikal. Cukup pelan-pelan saja dan berproses. Misalnya jika setiap hari kamu bermain game 4 jam dalam sehari, kurangilah waktu tersebut secara bertahap misal menjadi 3 jam perhari. Jika sudah terbiasa, kurangi lagi menjadi 2 jam dalam sehari. Dan seterusnya. Berproses.

Kenapa saya tidak mencoba cara itu?

Saya juga sebenarnya sudah mencoba cara itu, namun hasilnya gagal. Saya kalah dengan godaan yang ada.

Karena itulah akhirnya saya menempuh cara yang agak radikal. Agar tidak terlalu berlebihan dalam bermain game dan media sosial, saya hapus saja aplikasinya. Titik. Terkesan memang harus dipaksa, mau tidak mau.

Meski demikian, saya tahu bukan berarti masalah sudah selesai. Masalah yang ada sekarang, sejauh mana saya bisa bertahan dan konsisten?

Lets see.